.:: Shopping

Info Produk hubungi : Griya Aneka Herbal
Melayani Pesan Antar ke Seluruh Wilayah Indonesia




8.10.09

Manfaat Buah Kurma

“Dan goyangkanlah pangkal pohon Kurma itu kearahmu, niscaya pohon itu akan menggugurkan buah kurma yang masak kepadamu, maka makan, minum dan bersenang hatilah kamu.….”
[QS. Maryam : 25-26]

Buah kurma adalah makanan yang sangat baik, diandalkan sejak zaman para Nabi, di dalam Al Qur’an kurma disebut sebanyak 24 kali antara lain dalam surat Maryam 25-26 yaitu ketika Maryam akan melahirkan putranya Nabiyulloh Isa Alaihis Salam. Allah memerintahkan beliau untuk menggoyangkan buah kurma yang menjadi sandarannya kemudian beliau diperintahkan untuk memakan buah kurma yang jatuh didekatnya, maka sejak saat itu buah kurma menjadi makanan terbaik dan obat yang sangat mujarab bagi ibu hamil dan pasca melahirkan dari zaman ke zaman.

Ibnu Umar meriwayatkan Hadits dari Rasulullah SAW:
“Ada jenis pohon yang berkahnya seperti berkah seorang muslim, yaitu pohon kurma.”

Komentar para Ulama dan ahli kedokteran tentang buah kurma :


1. DR. Jabbar An Nuami dan DR. Al Amir Abbas Ja’far
“Kurma mengandung sejenis unsur pengikat rahim yang dapat membantu mencegah pendarahan seusai melahirkan.” “Kurma merupakan bahan dasar dari obat baru yang dikenal dengan diostolen, zat ini sangat penting untuk mengatasi rheumatik dan beberapa jenis penyakit mata.”

2. Al Imam Ibnuk Qoyyim Al Jauziyah Rohimahullah
“Kurma berkhasiat memperkuat liver, memperlancar buang air, menambah libido sex dan mengobati tenggorokan kering.”

3. Syaikh Robi’ Al Qutsaim
“Para wanita yang bersalin tidak memiliki sesuatu yang lebih baik bagi mereka selain kurma masak.”

4. Amru bin Maimun
“Bila seorang wanita kesulitan melahirkan, tidak ada yang lebih baik daripada kurma masak, baik yang basah maupun yang kering.”

5. Dokter Muhammad An-Nasimi dalam kitabnya Ath-Thibb An-Nabawy wal ilmil Hadits (II/293-294)
Perempuan hamil yang akan melahirkan membutuhkan minuman dan makan yang kaya akan unsur gula. Kandungan gula dan vitamin B1 sangat membantu untuk mengontrol laju gerak rahim dan menambah masa sistolennya (kontraksi jantung ketika darah dipompa ke pembuluh nadi). Dan kedua unsure itu banyak terkandung dalam kurma. Kandungan gula dalam kurma sangat mudah untuk dicerna dengan cepat oleh tubuh.

PERANAN KURMA PADA WANITA HAMIL, MELAHIRKAN, NIFAS DAN MENYUSUI

Dalam kurma terdapathormon yang mirip dengan hormon oksitosin (hormon yang dihasilkan neurohipofisa, bekerja untuk merangsang kontraksi otot polos dinding rahim selama coitus dan melahirkan) yang membantu proses kelahiran. Caranya hormon oksitosin tersebut menyatu dengan reseptornya memulai kontraksi otot yang teratur, secara bertahap, sehingga menyebabkan perluasan leher rahim dari situ akan terjadi proses kelahiran.

Setelah persalinan, hormon oksitosin juga bermanfaat untuk mengeringkan rahim dan meningkatkan kontraksi otot-ototnya yang terajut satu sama lain seperti jaring. Serat otot-otot yang terjaring tersebut berkontraksi sedemikian rupa sehingga menyempitkan celah-celah rajutan tersebut yang diantara matanya terdapat kantong darah lembut dan mengalirkan darah, hal ini menyebabkan terhentinya pendarahan secara bertahap.

Serat-serat pembuluh darah vena yang berada di sekitar saluran susu di payudara juga mengalami kontraksi, sehingga menjadikan derasnya air susu ketika saluran-saluran ini beserta air susu yang diakndungnya mengalami kontraksi. Dari situ terjadilah proses penyusuan anak yang sempurna.

Mengapa Dianjurkan Berbuka Dengan Kurma?

Rasulullah SAW biasa berbuka puasa dengan beberapa butir kurma sebelum shalat (HR. Anas). Ketika orang berbuka puasa, sistem pencernaan mulai bekerja, perut ingin diperlakukan dengan halus dan lembut. Dalam kondisi seperti itu, diperlukan sumber gula tunggal dan ganda (glukosa dan sukrosa) yaitu gula yang bisa diserap oleh tubuh dengan mudah hanya dalam beberapa menit saja.

Mengapa Bayi di Tahnik dengan Kurma?

Abu Musa RA berkata : “Seorang bayi lahir, akupun membawanya kepada Nabi SAW. Beliau menamainya Ibrahim dan meloloh (mentahnik) dengan sebutir kurma, memohonkan berkah baginya, lalu menyerahkannya padaku.” Pada buah kurma terdapat unsur-unsur vital yang dapat melindungi bayi dari penyakit dan menguatkan daya tahan tubuh yang telah diberikan Allah. Buah kurma dengan izin Alloh berperan sebagai vaksin yang akan melindungi sepanjang hidupnya.

Buah kurma adalah buah dengan kandungan kalori tinggi yang dapat menghasilkan tenaga paling besar, karena itulah berbuka puasa dengan kurma dapat memulihkan tenaga / energi tubuh. Karena berenergi tinggi maka banyak makan kurma akan mengurangi nafsu makan (cocok untuk diet). Gizi yang terkandung dlam kurma sudah cukup untuk menggantikan makanan kita. Buah kurma juga dikenal sebagai excellent source karena sangat cepat mengatasi keletihan. Kandungan gizi dalam kurma sangat cepat dicerna dan diserap tubuh, cepat meningkatkan kadar HB dan Trombosit dalam darah sangat cocok untuk penyembuhan DBD dan Tyfus.

Gula dalam kurma berfungsi menenangkan saraf yang gelisah serta memberikan rasa aman (ketenangan) pada kejiwaan. Potasium dalam kurma berfungsi menormalkan tekanan darah dan dapat mengurangi resiko serangan stroke. Kurma juga mengandung kalium alami yaitu zat yang sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah, membuat denyut jantung lebih teratur dan seimbang. Bagi wanita hamil dan ibu menyusui, secara alami buah kurma sangat baik untuk meningkatkan kesehatan janin dan memperkuat rahim pada saat persalinan, mencegah ibu dari rasa lemah, dan memperbanyak ASI.

Kurma menyediakan kandungan alkali yang baik untuk cairan tubuh, merangsang ginjal mengeluarkan sampah-sampah racun metabolisme dan menunjang pembentukan kulit yang sehat.

MANFAAT SARI KURMA :
  1. Meningkatkan HB dan Trombosi dalam darah (cocok untuk penyembuhan DBD dan Typus)
  2. Meningkatkan energi dan stamina seketika, menyegarkan, mengatasi ANEMIA (kekurangan zat besi), lesu dan letih.
  3. Menurunkan tekanan darah tinggi dan dapat mengurangi resiko serangan stroke karena kandungan potasiumnya.
  4. Sangat baik dikonsumsi untuk mengatasi masalah sembelit, lemah otot, letih, stress, pegal dan sebagainya.
  5. Menguatkan sel-sel usus dan membantu melancarkan saluran kencing, menguatkan rahim terutama ketika melahirkan.
  6. Membantu pertumbuhan tulang, kekebalan terhadap infeksi, kesehatan kulit serta menenangkan sel-sel syaraf.
  7. Menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah karena mengandung kalium.
  8. Untuk ibu menyusui, kandungan zat besi dan kalsiumnya dapat menambah jumlah dan gizi dalam ASI, kurma berperan membantu pembentukan sel darah merah dan sum-sum tulang bayi yang disusui sehingga menjadi anak yang tumbuh lebih sehat dan cerdas.
  9. Kurma memberikan tenaga yang besar untuk ibu yang sedang hamil, memperkuat urat-urat rahim sehingga proses melahirkan menjadi lebih mudah dan lancar, cepat mengganti darah yang keluar saat persalinan.
  10. Perempuan Arab menggunakan kurma untuk menghaluskan kulit dengan dimakan dan juga menjadi bahan kosmetik dengan campuran bahan lainnya.
  11. Bagi penderita batuk, kandungan gulanya dapat menghilangkan gatal-gatal pada kerongkongan dan menghentikan batuknya.
  12. Sari kurma menyenyakkan tidur bagi penderita insomnia.
  13. Sari kurma menambah tenaga yang dibutuhkan dalam hubungan pasutri
  14. Menambah berat badan anak
  15. Menstabilkan kejiwaan anak dan dewasa.
  16. Cocok untuk diet.
Semoga Bermanfaat

0 komentar:

Info Lainnya

Groups

Subscribe to resepherbal

Powered by us.groups.yahoo.com

Katalog Produk

Black Cummin Habbatusauda Madu Dazat Teh Mekkah Sari Kurma Habba Asyifa Habbatussauda Kapsul Cair Propolis Diamond Propolis Hi Red Mahkota Dewa Formula untuk masalah sex Madu Dazat

StatMyWeb

I heart FeedBurner

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008 ; abuhz's Profile on Ping.sg

Back to TOP